PENGERTIAN
ICT
ICT adalah akronim yang berdiri untuk Teknologi
Informasi Komunikasi.
Namun, terlepas dari menjelaskan akronim, tidak ada
defininition diterima secara universal ICT. Mengapa? Karena konsep, metode dan
aplikasi yang terlibat dalam ICT yang terus berkembang di hampir setiap hari
dan sulit untuk mengikutinya.
Cara yang baik untuk berpikir tentang ICT adalah untuk
mempertimbangkan semua penggunaan teknologi digital yang ada untuk membantu
individu, bisnis dan organisasi menggunakan informasi. ICT mencakup setiap
produk yang akan menyimpan, mengambil, memanipulasi, mengirimkan atau menerima
informasi secara elektronik dalam bentuk digital. Misalnya, komputer pribadi,
televisi digital, email, robot.
Jadi ICT berkaitan dengan penyimpanan, pencarian,
manipulasi, transmisi atau penerimaan data digital. Yang penting, ia juga
prihatin dengan cara ini kegunaan yang berbeda dapat bekerja dengan satu sama
lain.
Dalam bisnis, ICT sering dikategorikan menjadi dua
jenis luas produk:
- Teknologi berbasis komputer tradisional (hal yang biasanya dapat Anda lakukan pada komputer pribadi atau menggunakan komputer di rumah atau di tempat kerja)
- Teknologi komunikasi digital (yang memungkinkan orang dan organisasi untuk berkomunikasi dan berbagi informasi digital)
Mari kita lihat sekilas dua kategori tersebut untuk
menunjukkan jenis produk dan ide-ide yang ditutupi oleh ICT:
Teknologi tradisional berbasis komputer
Aplikasi office standar
Pengolah kata:
misalnya MS
Word untuk menulis surat, laporan dll
Spreadsheets: misalnya MS Excel untuk menganalisis
keuangan, perhitungan, membuat model peramalan dll
Database software: misalnya Oracle / MS SQL Server / Access untuk
mengelola tanggal dalam berbagai bentuk dari daftar dasar (misalnya kontak
pelanggan untuk katalog)
Perangkat lunak presentasi: misalnya MS Powerpoint untuk membuat presentasi
Desktop publishing: misalnya Adobe Indesign / Quark Ekspres / MS Publisher
untuk menghasilkan newsletter, majalah dan dokumen kompleks lainnya
Perangkat lunak grafis: misalnya Adobe Photoshop dan Illustrator untuk membuat
dan mengedit gambar seperti logo, gambar atau gambar untuk digunakan dalam DTP,
situs web atau publikasi lainnya.
aplikasi spesialis
Paket akuntansi:
misalnya Sage /
Oracle untuk mengelola akun organisasi
Computer Aided Design (CAD): untuk membantu proses desain. Program spesialis ada untuk berkali-kali dari desain
seperti arsitektur, engineering, elektronik dan jalan raya
Manajemen Hubungan Pelanggan (CRM): untuk memungkinkan perusahaan untuk lebih memahami
pelanggan mereka dengan mengumpulkan dan menganalisis data seperti preferensi
produk mereka dan kebiasaan membeli dll Sering terkait dengan aplikasi
perangkat lunak yang berjalan call center dan kartu loyalitas, misalnya
Teknologi komunikasi digital
Komunikasi data melalui sarana elektronik, biasanya
lebih dari beberapa jarak sering dicapai melalui jaringan mengirim dan menerima
peralatan, kabel dan satelit.
Teknologi yang terlibat dalam komunikasi cenderung
menjadi kompleks. Anda tentu tidak perlu memahami mereka untuk kursus
ICT Anda. Namun, ada aspek komunikasi digital yang Anda perlu
menyadari. Ini berhubungan terutama untuk dua jenis jaringan dan
cara untuk menghubungkan ke internet. Mari kita lihat dua singkat ini:
jaringan internal
Biasanya disebut sebagai jaringan area lokal (LAN),
ini melibatkan menghubungkan sejumlah item hardware (perangkat input dan output
ditambah pemrosesan komputer) bersama-sama dalam suatu kantor atau gedung.
Tujuan dari LAN adalah untuk dapat berbagi fasilitas
hardware seperti printer atau scanner, aplikasi perangkat lunak dan data. Jaringan jenis ini sangat berharga dalam lingkungan
kantor di mana rekan-rekan harus memiliki akses ke data atau program umum.
jaringan eksternal
Seringkali Anda perlu berkomunikasi dengan seseorang
di luar jaringan internal Anda, dalam hal ini Anda akan perlu menjadi bagian
dari wide area network (WAN). Internet adalah WAN utama - itu adalah jaringan yang
luas dari jaringan.
Dalam konteks yang lebih luas
Tentu saja ICT Anda hampir pasti akan menutupi contoh
di atas ICT dalam tindakan, mungkin berfokus pada penggunaan aplikasi utama
seperti spreadsheet, database, presentasi, grafis dan software desain web.
Hal ini juga akan mempertimbangkan topik penting
berikut yang berhubungan dengan cara ICT digunakan dan dikelola dalam sebuah
organisasi:
- Sifat informasi ( "I" di ICT): ini mencakup topik-topik seperti makna dan nilai informasi, bagaimana informasi dikendalikan, keterbatasan ICT dan pertimbangan hukum
- Manajemen informasi: ini mencakup bagaimana data ditangkap, diverifikasi dan disimpan untuk penggunaan yang efektif; manipulasi, pengolahan dan distribusi informasi; menjaga informasi aman dan merancang jaringan untuk berbagi informasi
- Strategi sistem informasi: ini mempertimbangkan bagaimana ICT dapat digunakan dalam bisnis atau organisasi sebagai bagian dari tujuan dan sasaran pencapaian
Seperti yang Anda lihat, ICT adalah subjek yang luas
dan cepat berubah. Kami berharap materi belajar gratis (revisi catatan,
kuis, presentasi dll) akan membantu Anda menguasai IT!
Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Pengembangan
Teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan (ICTD) mengacu pada penerapan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) menuju pembangunan sosial, ekonomi, dan politik,
dengan penekanan khusus pada membantu orang miskin dan terpinggirkan dan
masyarakat. Hal ini bertujuan untuk membantu dalam pembangunan
internasional dengan menjembatani kesenjangan digital dan menyediakan akses yang adil untuk teknologi. ICTD didasarkan pada pengertian tentang
"pembangunan", "pertumbuhan", "kemajuan" dan
"globalisasi" dan sering diartikan sebagai penggunaan teknologi untuk
memberikan kebaikan yang lebih besar. Istilah lain yang serupa digunakan dalam literatur
adalah "pembangunan digital".
ICTD mengacu
pada teori-teori dan kerangka kerja dari berbagai disiplin ilmu, termasuk
sosiologi, ekonomi, studi pembangunan, ilmu perpustakaan dan informasi, dan
studi komunikasi.
ICTD tumbuh dari upaya untuk menggunakan muncul
teknologi komputasi untuk memperbaiki kondisi di negara-negara berkembang. Ini diformalkan melalui serangkaian inisiatif laporan,
konferensi, dan pendanaan yang bertindak sebagai jalan membuat kebijakan-key: Report 1998 World Development dari World Bank , menyoroti peran
pengetahuan dan TIK dalam pembangunan; sebuah laporan dari G8
Peluang Digital Task Force, menyimpulkan bahwa TIK
memainkan peran kunci dalam pembangunan manusia modern, Summits Dunia pada
Informasi Masyarakat yang diselenggarakan
di Jenewa pada tahun 2003 dan Tunis pada tahun 2005.
Setidaknya tiga tahap dapat diidentifikasi dalam
evolusi ICTD:
- ICTD 0.0: pertengahan 1950-an hingga akhir 1990-an. Fokus dari fase awal ini adalah pada penggunaan IT (tidak ICT) dalam organisasi pemerintah dan sektor swasta di negara-negara berkembang. Salah satu komputer paling awal digunakan di negara berkembang adalah mesin HEC dipasang pada tahun 1956 untuk melakukan perhitungan numerik di Indian Institute of Statistics di Kolkata .
- ICTD 1.0: akhir 1990-an sampai akhir 2000-an. Munculnya Tujuan Pembangunan Milenium dikombinasikan dengan munculnya dan penyebaran internet di negara-negara industri menyebabkan peningkatan pesat dalam investasi di infrastruktur TIK dan proyek-proyek di negara-negara berkembang. Aplikasi yang paling khas adalah telecentre , digunakan untuk membawa informasi tentang isu-isu pembangunan seperti kesehatan, pendidikan, dan penyuluhan pertanian, ke masyarakat miskin. Kemudian, telecentre juga digunakan untuk memberikan layanan pemerintah.
- ICTD 2.0: akhir 2000-an dan seterusnya. Tidak ada batas yang jelas antara fase 1.0 dan 2.0. Fokus dalam tahap 2.0 semakin bergeser menuju teknologi yang digunakan, seperti telepon seluler dan SMS teknologi. Ada kurang perhatian dengan e-kesiapan dan lebih tertarik pada dampak TIK pada pengembangan. Selain itu, ada lebih fokus pada masyarakat miskin sebagai produsen dan inovator dengan TIK (sebagai lawan menjadi konsumen informasi berbasis ICT). ICTD 2.0 adalah tentang reframing orang miskin. Mana ICT4D 1.0 terpinggirkan mereka, memungkinkan fokus supply driven, ICTD 2.0 centralises mereka, menciptakan fokus demand-driven. Dimana ICTD 1.0 - - diperkaya dengan "bawah piramida" konsep - - ditandai mereka konsumen sebagian besar sebagai pasif, ICTD 2.0 melihat orang miskin sebagai produsen aktif dan inovator aktif.
Pendidikan
Penggunaan TIK dalam sistem pendidikan tidak akan
mampu memecahkan masalah saat ini dalam sistem pendidikan, melainkan memberikan
alternatif solusi terhadap kendala yang dihadapi dalam sistem pendidikan
konvensional. TIK akan mampu memberikan pendidikan dan pengetahuan
dalam jangkauan yang lebih luas, bahkan dengan jumlah terbatas sumber daya,
tidak seperti sistem konvensional pendidikan.
ICT telah digunakan dalam banyak proyek pendidikan dan
penelitian di seluruh dunia. The Hole in the Wall (juga dikenal sebagai pendidikan minimal invasif ) adalah salah satu proyek yang berfokus pada
pengembangan literasi komputer dan perbaikan pembelajaran. Proyek-proyek lain termasuk pemanfaatan teknologi
ponsel untuk meningkatkan hasil pendidikan.
Di Filipina, ada catatan penting yang telah diteruskan
untuk memperluas definisi ICTD dari teknologi high-end eksklusif untuk
menyertakan teknologi low-end; yaitu, baik digital dan analog. Sebagai pengguna teknologi mobile terkemuka, Filipina
dapat memanfaatkan ini untuk belajar siswa. Salah satu proyek yang berfungsi sebagai contoh adalah
proyek Mind, sebuah kolaborasi dari Molave Yayasan Pengembangan,
Ilmu Kesehatan Universitas Mongolia, ESP Foundation, dan Universitas Terbuka Universitas Filipina (UPOU) yang berfokus pada kelangsungan hidup Short
Message system (SMS) untuk pembelajaran jarak jauh. Pedagogi, Pelatihan Guru, dan Manajemen Personalia adalah
beberapa subkelompok ICTD. UPOU adalah salah satu contoh terbaik dari
transformasi pendidikan yang memberdayakan potensi ICT dalam sistem pendidikan
Filipina. Dengan memaksimalkan penggunaan teknologi untuk
membuat berbagai macam pembelajaran, UPOU mempromosikan pembelajaran seumur
hidup dengan cara yang lebih nyaman.
Pendidikan adalah faktor kunci dari pembangunan
sosial-ekonomi, sistem pendidikan dari negara-negara berkembang harus selaras
dengan teknologi modern. ICT dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan membawa
hasil yang lebih baik dengan membuat informasi mudah diakses oleh mahasiswa,
membantu untuk mendapatkan pengetahuan dan keterampilan dengan mudah dan
membuat pelatihan lebih tersedia untuk guru.
Kesehatan
TIK dapat menjadi alat yang mendukung untuk
mengembangkan dan melayani dengan handal, tepat waktu, berkualitas tinggi dan
perawatan kesehatan yang terjangkau dan sistem informasi kesehatan dan untuk
memberikan pendidikan kesehatan, pelatihan dan meningkatkan penelitian
kesehatan.
Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), 15% dari total populasi dunia memiliki cacat. Ini adalah sekitar 600 juta orang dimana tiga dari
setiap empat hidup di negara-negara berkembang, setengah dari usia kerja,
setengah adalah perempuan dan insiden tertinggi dan prevalensi cacat terjadi di
daerah miskin. Dengan TIK, kehidupan orang-orang penyandang cacat
dapat ditingkatkan, yang memungkinkan mereka untuk memiliki interaksi yang
lebih baik di masyarakat dengan memperluas ruang lingkup kegiatan mereka.
Tujuan dari ICT dan cacat pekerjaan
- Berikan orang cacat alat yang ampuh dalam pertempuran mereka untuk mendapatkan pekerjaan
- Meningkatkan keterampilan cacat orang, kepercayaan diri, dan harga diri
- Mengintegrasikan penyandang cacat sosial dan ekonomi ke dalam komunitas mereka;
- Mengurangi hambatan fisik atau fungsional dan memperbesar ruang lingkup kegiatan yang tersedia untuk orang-orang cacat
- Mengembangkan konten web yang dapat diakses oleh penyandang cacat khususnya tunanetra dan tuna rungu
Pada tingkat
internasional, ada banyak dokumen membimbing berdampak pada pendidikan
penyandang cacat seperti Universal Declaration of Human Rights (1948)
, pindah ke Konvensi Menentang Diskriminasi dalam Pendidikan
(1960) , yang Konvensi Hak Anak ( 1989) , yang konvensi tentang Perlindungan
dan Promosi Keanekaragaman Ekspresi Budaya (2005) . Konvensi tentang
Hak-hak Penyandang Disabilitas (CRPD) meliputi kebijakan tentang aksesibilitas,
non-diskriminasi,
kesempatan yang sama, partisipasi penuh dan efektif dan isu-isu lainnya. Pernyataan kunci dalam CRPD (2006) relevan untuk ICT
dan penyandang cacat adalah dalam Pasal 9:
"Untuk mengaktifkan penyandang cacat untuk hidup
mandiri dan berpartisipasi penuh dalam semua aspek kehidupan, Negara-negara
Pihak harus mengambil langkah-langkah yang tepat untuk menjamin bagi
orang-orang dengan akses cacat, atas dasar kesetaraan dengan orang lain, dengan
lingkungan fisik, transportasi, informasi dan komunikasi , termasuk teknologi
informasi dan komunikasi dan sistem, dan fasilitas lainnya dan jasa terbuka
atau tersedia untuk publik, baik di daerah perkotaan dan pedesaan. (p. 9)
"
Kebijakan internasional lain yang memiliki implikasi
langsung untuk penggunaan ICT oleh orang-orang penyandang cacat adalah
Millennium Development Goals (MDGs). Meskipun tidak secara spesifik menyebutkan hak untuk
mengakses ICT bagi penyandang cacat, dua elemen kunci dalam MDGs adalah untuk
mengurangi jumlah orang miskin dan untuk menjangkau kelompok marjinal tanpa
akses ke ICT.
Organisasi
Perluasan ICT dapat memiliki hasil negatif langsung. Belanja ICT telah diketahui menyebabkan konflik
intra-rumah tangga, dominasi laki-laki asuh atas sumber daya dan mengalihkan
sumber daya rumah tangga jauh dari makanan dan kebutuhan lainnya. Kekhawatiran hak asasi manusia seperti pekerja
anak juga telah mengumpulkan lebih dari penggunaan bahan konflik dalam produksi perangkat
ICT.
Di banyak daerah
miskin di dunia, langkah-langkah legislatif dan politik yang diperlukan untuk
memfasilitasi atau memungkinkan penerapan TIK, terutama berkenaan dengan monopoli
struktur komunikasi dan hukum sensor.
Masalah keaksaraan
adalah salah satu faktor utama mengapa proyek gagal di daerah pedesaan; pendidikan di
keaksaraan menciptakan landasan bagi digital dan melek informasi , pendidikan dan
pelatihan yang diperlukan untuk membuat pengguna setidaknya memahami bagaimana
untuk memanipulasi aplikasi untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Konstan tindak lanjut
dengan masyarakat diperlukan untuk memantau jika proyek telah berhasil
dilaksanakan dan sedang digunakan bermakna.
Dalam kasus India, kemajuan teknologi telah lebih dari
lompatan di alam: keterjangkauan ponsel memungkinkan lebih banyak orang untuk
memperoleh ponsel sebelum belajar menggunakan komputer pribadi dan desktop. Pahaman ini dengan komputer dapat dilihat sebagai
masalah karena menciptakan kesenjangan digital jika perangkat teknologi yang
tersedia adalah komputer; keterputusan antara teknologi komputasi dan orang
menyebabkan kesulitan bagi beberapa inisiatif proyek ICTD berlaku. Misalnya, di wilayah pedesaan India, Departemen
Pendidikan ditolak inisiatif OLPC karena kurangnya fasilitas dan profesional terlatih
untuk mengajar komputer dan pemeliharaan.
Sementara
menutup kesenjangan kesenjangan digital melalui pelatihan guru sehingga
teknologi yang dapat digunakan untuk proses mengajar adalah menantang, ada
masalah lain gagal untuk mengenali teknologi sebagai alat untuk proses belajar. Mempelajari bagaimana peserta didik dan / atau siswa
berinteraksi dengan teknologi sangat penting untuk mengembangkan dan merancang
teknologi untuk mereka.
Proyek di daerah pedesaan terpinggirkan menghadapi rintangan paling signifikan - tapi
karena orang di daerah pedesaan terpinggirkan berada di bagian paling bawah
piramida , upaya pembangunan harus membuat sebagian perbedaan
di sektor ini. TIK memiliki potensi untuk berkembang biak efek
pembangunan dan dengan demikian juga berarti dalam arena pedesaan.
Namun, memperkenalkan TIK di daerah tersebut juga
paling mahal, sebagai hambatan berikut ada:
- Kurangnya infrastruktur: tidak ada daya listrik, tidak ada air yang mengalir, jalan rusak, dll
- Kurangnya pelayanan kesehatan: penyakit seperti HIV, TB, malaria lebih umum.
- Kurangnya kerja: ada praktis tidak ada pekerjaan di daerah pedesaan terpinggirkan.
- Kelaparan: lapar pengguna memiliki masalah berkonsentrasi.
- Buta huruf: antarmuka teks pengguna tidak bekerja dengan baik, inovatif Antarmuka Komputer Manusia (lihat Interaksi Komputer Manusia ) yang diperlukan.
- Kurangnya sarana untuk mempertahankan proyek: beberapa proyek dapat dibiarkan memburuk dalam waktu karena pemeliharaan sporadis dan jika komponen rusak itu mahal untuk mendapatkan orang-orang terampil dan bagian untuk membuat perbaikan.
- Kurangnya sarana untuk mempertahankan proyek karena short-istilah hibah
- Kurangnya dukungan dari pemerintah daerah
- Konteks sosial: para calon pengguna yang tinggal di daerah marjinal pedesaan sering tidak dapat dengan mudah melihat titik TIK karena konteks sosial dan juga karena hambatan kelaparan, penyakit dan buta huruf.
- Kemungkinan mendorong otak-drain.
- Korupsi merupakan salah satu faktor yang menghambat pelaksanaan proyek-proyek ICT di daerah pedesaan.
- Pelatihan dan seminar harus dilakukan sesuai dengan waktu yang cocok untuk petani, untuk memastikan bahwa rutinitas sehari-hari mereka tidak terpengaruh.
- Banyak aplikasi yang tidak user friendly.
- Proyek kadang-kadang tidak menjadi kebutuhan-driven dan tidak relevan dengan konteks lokal.
Masalah lain yang signifikan dapat menjadi pilihan
perangkat lunak yang diinstal pada teknologi - instruktur terlatih dalam satu set perangkat lunak
(misalnya Ubuntu) dapat diharapkan untuk memiliki kesulitan dalam menavigasi komputer disumbangkan
dengan perangkat lunak yang berbeda (misalnya Windows
XP ) .
Masalah menekan juga
penyalahgunaan limbah elektronik dengan cara yang berbahaya.
Pembakaran
teknologi untuk mendapatkan logam di dalam akan melepaskan uap beracun ke
udara. Plastik, keripik dan papan sirkuit yang dihancurkan
untuk mengumpulkan bahan baku dan sellable mereka. Praktik-praktik ini biaya kesehatan masyarakat, yang
mempengaruhi sistem pernapasan dan kekebalan tubuh. Kehadiran bahan kimia berbahaya terjebak pada tanah
seperti timah, merkuri dan cadmium. Limbah Sayangnya elektronik yang mendalam di negara-negara
di mana mereka dibuang berkembang karena biaya daur ulang besar. Negara-negara berkembang dipaksa untuk kerja limbah ini untuk mendapatkan uang. (Sertifikasi daur
ulang untuk e-pelayan atau R2 Solusi standar dimaksudkan
untuk mencegah pencemaran lingkungan.)
Akhirnya, sedangkan
pelatihan, dukungan, hardware dan software semua dapat disumbangkan, sangat
jarang untuk komponen penting lain dari teknologi, akses internet, harus dibuat
tersedia pada tarif diskon. "Di sekitar
setengah negara-negara di Afrika, satu tahun pasokan Internet [dial-up] akan biaya
lebih dari pendapatan tahunan rata-rata."
TechChange
, Dampak Lab Sosial dan Bank Dunia telah menyoroti
banyak masalah di atas dan kompleksitas sekitar melaksanakan proyek ICTD
melalui animasi
pendek. Dampak negatif tersebut dapat diamati tapi platform
untuk mengidentifikasi, mengukur, menganalisis, dan alamat mereka tidak
mencukupi. Hal ini diperburuk dengan gagasan bahwa ICT hanya
memberikan manfaat kepada masyarakat. Sebagai praktek ICT baru diperkenalkan, tag tantangan
baru setelah mereka. Namun, hamil kebijakan untuk meminimalkan dampak
negatif membutuhkan waktu dan sumber daya.
Konseptualisasi
langkah yang efektif dan pasti untuk melawan dampak negatif ini masih dalam
tahap pengembangan sebagai bagian dari prioritas masa depan.
PERAN ICT DALAM PENGEMBANGAN ORGANISASI
Muncul teknologi komunikasi tidak hanya mengubah kelompok seberapa kecil dalam berinteraksi organisasi, tetapi juga mempercepat pengambilan keputusan di antara kelompok-kelompok kecil dalam sebuah organisasi. Teknologi seperti internet yang mudah untuk menyebarkan dan mereka kurang biaya namun mereka mempercepat komunikasi dengan dalam suatu organisasi.
Organisasi bergantung pada komunikasi antar karyawan di semua tingkatan untuk menentukan dan melaksanakan tujuan mereka. Misalnya, Manajer membuat keputusan dengan mengumpulkan fakta-fakta dan menganalisis mereka, sering dengan bantuan karyawan tingkat rendah lainnya. Itu berarti melaksanakan keputusan ini membutuhkan komunikasi antara manajer dan karyawan lainnya. Dengan bantuan teknologi komunikasi, pertukaran dan arus informasi ini dibuat sederhana dengan menggunakan (OLAP) Online Analytical Process [baca lebih lanjut di bawah ini pada OLAP]
Hal ini sangat penting bagi suatu organisasi untuk membina komunikasi yang efektif dan mempercepat produktivitas organisasi. Ini tidak masalah jika organisasi kecil atau besar. Untuk sebuah organisasi untuk berhasil dalam usia ini teknologi informasi, harus melengkapi dan melatih karyawan tentang cara menggunakan berbagai teknologi komunikasi alat. Alat-alat ini dapat mencakup hal-hal seperti video conferencing; Bluetooth diaktifkan printer, remote database, komputer, Apps, hanya untuk menyebutkan beberapa. Di bawah ini saya telah terdaftar menggunakan teknologi komunikasi untuk komunikasi organisasi.
1) online Transaction Processing (OLTP): - Informasi Cepat proses dengan dalam organisasi. Organisasi memiliki berbagai tujuan formal dan informal untuk mencapai. Menggunakan proses transaksi online (OLTP) melibatkan pengumpulan informasi input, pengolahan informasi itu, dan memperbarui informasi yang ada untuk mencerminkan informasi yang dikumpulkan dan diproses. Dalam kebanyakan organisasi mereka menggunakan '' teknologi database '' untuk mengelola proses ini. Database yang mendukung OLTP paling sering disebut database sebagai operasional.
(2) Online Analytical Processing (OLAP): - pengambilan keputusan Cepat. Dalam upaya untuk mencapai tujuan organisasi, keputusan harus dibuat lebih cepat. Proses pembuatan keputusan melibatkan pengumpulan fakta dan mengevaluasi alternatif. Ini melibatkan membaca, bertanya, berbicara hal-hal dengan orang lain dalam organisasi. Untuk mempercepat proses ini, teknologi komunikasi harus digunakan. Penggunaan pengolahan analisis online (OLAP) akan membantu dalam manipulasi informasi untuk mendukung pengambilan keputusan. OLAP pada dasarnya merupakan perluasan berbasis IT untuk menciptakan informasi melalui pengolahan analisis. OLAP dapat berkisar dari melakukan query sederhana pada database untuk menentukan pelanggan memiliki rekening tunggakan untuk menggunakan alat kecerdasan buatan yang canggih seperti jaringan saraf dan algoritma genetika untuk memecahkan masalah yang kompleks atau mengambil keuntungan dari kesempatan.
(3) Computing Desentralisasi: Ini adalah lingkungan di mana organisasi membagi daya komputasi dan menemukan itu di bidang bisnis fungsional serta pada desktop pekerja pengetahuan. Ini berarti karyawan dalam suatu organisasi akan mengakses informasi bersama melalui komputasi desentralisasi. Proses komunikasi dengan dalam suatu organisasi adalah lebih murah dan lebih efektif karena semua komputer akan mengakses database terpusat untuk mendapatkan semua informasi. Untuk beberapa organisasi mereka mendirikan situs di mana pekerja dapat login dan mengakses data penting dan berkomunikasi dengan karyawan lain dengan di platform online yang sama
(4) Pesan Instan: layanan pesan instan menyampaikan pesan lebih cepat dari email. Seorang manajer dapat dengan mudah tugas kepada karyawan melalui pesan teks. Sama halnya untuk karyawan dengan dalam suatu organisasi, mereka dapat mengajukan pertanyaan dari atasan mereka melalui pesan teks dan mereka akan mendapatkan balasan atas instan. Hari ini telah disederhanakan, layanan besar seperti "Skype" dan Apps pesan teks lainnya telah memainkan peran ini, yang harus Anda lakukan adalah untuk men-download dan menginstal aplikasi pada ponsel Anda, maka pihak lain akan harus melakukan hal yang sama sehingga Anda teks satu sama lain sementara dalam organisasi dan dari situs. Teknologi komunikasi pesan teks ini menyederhanakan pertukaran ide dan membantu dalam mempercepat pengambilan keputusan.
5. Email: ini adalah cara yang paling digunakan komunikasi di seluruh dunia oleh semua organisasi. Begitu banyak teknologi komunikasi mereka yang telah mencoba untuk menggantikan surat elektronik, namun tidak satupun dari mereka telah berhasil. Hal ini sangat penting untuk bisnis besar dan kecil untuk memiliki alamat email. Untuk beberapa perusahaan mereka menggunakan alamat email yang disesuaikan, ini adalah email perusahaan host di bawah domain perusahaan, misalnya '' manager@company.com ''. Kedua manajer dan karyawan dapat menggunakan surat elektronik untuk berbagi file dan pesan dengan dalam organisasi.
Sumber
Allen,
Thomas J. "Managing the flow of technology: technology transfer and the
dissemination of technological information within the R and D
organization." (1977).
Pratiwi,
Mutia Rahmi. "Peran ICT bagi Organisasi Media Massa dan Budaya
Masyarakat." Jurnal Komunikator 6.05 (2015).
"ICT
- What is it?". www.tutor2u.net. Retrieved 2015-09-01.
William
Melody et al., Information and Communications Technology: Social Sciences
Research and Training: A Report by the ESRC Programme on Information and
Communication Technologies, ISBN 0-86226-179-1, 1986. Roger Silverstone et al.,
"Listening to a long conversation: an ethnographic approach to the study
of information and communication technologies in the home", Cultural
Studies, 5(2), pages 204–227, 1991.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar